full of LoVe

full of LoVe

Rabu, 17 Juni 2009

Ikhlas berbuah MaNiZZ

"Ikhlas" sebuah kata yang bisa membuat bumi ini menjadi damai menurut saya. Semua orang sesungguhnya mengerti arti dari "ikhlas". Secara garis besar "ikhlas" berarti melakukan sesuatu untuk orang lain tanpa pamrih.
Orang mungkin senang sekali memberikan saran kepada orang lain untuk ikhlas dalam segala hal. Ngomong sih gampang, tapi coba "be ikhlas" dengan sepenuh hati, ternyata sulit sekali.
Awalnya saya pikir menolong orang lain itu sudah merupakan bagian dari ikhlas, ternyata tidak. Selama kita masih mengharapkan imbalan atas apa yang sudah kita lakukan, itu bukan ikhlas namanya.Dan tidak akan menghasilkan sesuatu yang berbuah manis. Saya pernah melakukan penelitian kecil-kecilan untuk membuktikan bahwa pohon ikhlas ini berbuah manis.
Jadi dulu saat masih kuliah di Bogor, saya sering menggunakan kereta ekonomi untuk pulang ke jkt. Untuk yang sering menggunakan kereta ekonomi mungkin mengerti kondisi kereta tersebut apalagi saat jam-jam pulang atau pergi ke kantor.
Nah,karena saya naik dari stasiun paling ujung (Bogor) maka biasanya saya selalu mendapatkan tempat duduk.Di kereta ekonomi itu untuk pertama kali saya melihat budaya saling tolong menolong orang Indonesia pupus. Tidak ada pria yang memberikan tempat duduk untuk wanita bahkan untuk orang2 yg sudah lanjut usia.
Saya beberapa kali memberikan kursi saya kepada orang lain yg lebih mebutuhkan menurut saya dengan ikhlas. Dan hasilnya, setiap kali saya naik kereta ke bogor (Cawang-Bogor) yang notabene selalu penuh karena bukan stasiun ujung, saya selalu mendapatkan tempat duduk entah bagaimana caranya, seperti di berikan tempat oleh orang lain, atau ada org yg turun di statiun selanjutnya.
Tetapi kemudian, saya mencoba untuk tidak memberikan tempat duduk kepada org yg membutuhkan. Dan hasilnya, ketika saya pulang ke bogor saya tidak mendapatkan tempat duduk alias berdiri dari cawang-bogor.
Dan ini saya lakukan berkali kali untuk meyakinkan saya akan validasi hasilnya.
Hmm finally I believe in it.
Sekarang saya sedang belajar berbuat ikhlas, walaupun masih dalam level hal-hal yang kecil.Ternyata menyenangkan bgt berbuat ikhlas, rasanya seperti plong, tidak ada amarah, benci, kesel,dll. Pokoknya hidup tanpa beban..
So Be ikhlas guyz..
^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar